Beranda FOKUS Masalah Ganti Rugi, Jadi Penghalang Pembangunan Gardu Induk Sei Lilin

Masalah Ganti Rugi, Jadi Penghalang Pembangunan Gardu Induk Sei Lilin

15

Sumsel.Kabardaerah.com – Penyebab kelangkaan listrik yang bertahun-tahun dikeluhkan warga Sei Lilin, Kabupaten Muba, Sumsel akhirnya terjawab. Hal ini terungkap saat audiensi PT PLN dengan Plt Bupati Muba, Beni Hernedi, Kamis, (15/2). Audiensi ini turut di hadiri Sekda Muba Apriyadi, Plt Asisten II Setda Muba Erdiansyah, dan dari PT Muba Electric Power

PT PLN mengaku jika selama ini masih terkendala dalam pembayaran ganti rugi tanam tumbuh gardu induk di Sungai Lilin. Gardu induk Sei Lilin butuh penambahan jaringan SUTM, dimana progres pemasangan konstruksi 450 tiang sudah selesai, tinggal pemasangan konduktor namun terkendala tanam tumbuh 1185 dari lahan 97 KK.

“Dalam hal ini kami mengharapkan bantuan Pemkab Muba agar membantu kami dalam penyelesaian kegiatan ini, berbagai upaya yang kami lakukan belum mendapat titik temu terutama dalam hal ganti rugi tanam tumbuh milik masyarakat,” kata Joni dari PT PLN.

Joni menambahkan, di Muba sudah ada dua gardu induk yakni di Kecamatan Sekayu dan Sungai Lilin yang saat ini sudah berfungsi. Hanya saja untuk Gardu induk Sei Lilin saat ini ada penambahan jaringan SUTM yang sedang berlangung progres pemasangan konstruksi 450 tiang yang sudah selesai dan menyisakan finishing pemasangan konduktor.

Plt Bupati Kabupaten Musi Banyuasin Beni Hernedi langsung merespon permintaan PT PLN tersebut, dia menyatakan akan turun langsung kelapangan tepatnya di Kecamatan Sungai Lilin untuk mendukung PT PLN menyelesaikan pembangunan jaringan listrik tersebut.

“Persoalan ini harus segera kita tuntaskan karena menyangkut pelayanan umum dan kebutuhan vital masyarakat. Kita akan adakan pertemuan dengan masyarakat yang kita rencanakan akan digelar Sabtu (17/2) nanti, di Balai Desa Sri Gunung Kecamatan Sungai Lilin.

Pertemuan ini untuk memberi penjelasan atau mensosialisasikan kepada warga yang lahannya dilewati SUTM agar pembangunan tambahan gardu induk sei Lilin segera selesai dan persoalan listrik untuk daerah Sei Lilin dan sekitarnya segera terjawab,”tutup Beni Hernedi. ***

(Dani)