Beranda DAERAH Wali Murid, Komite, Dan Guru Membantah Informasi Bahwa Kepala Sekolah SMPN 6...

Wali Murid, Komite, Dan Guru Membantah Informasi Bahwa Kepala Sekolah SMPN 6 Satui Tentang Penilaian Negatif Dari Masyarakat

175

TANAHBUMBU – Wali murid dan Dewan Guru membantah seperti yang disampaikan oknum masyarakat kepada media kabardaerah.com pada tanggal 9 september 2018 tentang penilaian negatif terhadap kepemimpinan kepala sekolah.

Tadi hari rabu (12-09-2018) semua hadir dalam musyawarah yang diundang oleh kepala sekolah SMPN  6 satui yang bertempat di musholah sekolah pada jam 10.00 Wita.

Didalam acara tersebut ada tanggapan dari wali murid tentang sumbangan Rp. 260.000 yang disepakati bersama komite. Bahwa informasi yang beredar karena dipaksakan itu tidak benar yang benar adalah didasari kesepakatan bersama dengan tujuan ingin memajukan sekolah dan mutu pendidikan di SMPN 6 Satui. Bapak Suba’i dan Bapak Sugeng mewakili wali murid menyampaikan bahwa ini atas dasar kesepakatan bersama demi pendidikan SMPN 6 Jombang.

“Kami malah bersyukur Bapak Tusino sebagai kepala sekolah disini (smpn 6) karena sudah memajukan sekolah baik secara fisik maupun kualitas muridnya. Jadi tolong kepada kepala dinas pendidikan agar tetap mempertahankan beliau disini sebagai kepala sekolah”. Ucap Bapak Suba’i.

Sumbangan Rp. 260.000 tersebut diperuntukkan pembelian laptop dengan tujuan meningkatkan mutu peserta didik dibidang IT.

Ketua Komite Bapak Muji menambahkan bahwa oknum tersebut yang bicara dimedia tidak utuh menerima informasi. “Itu adalah kesepakatan wali murid bersama komite dan tidak ada masalah sampai saat ini karena semua berniat untuk memajukan sekolah. Tiba-tiba langsung ada berita seperti itu kami kaget. Padahal kalau ada sesuatu atau ada yang mengganjal seharusnya disampaikan langsung. Dengan kejadian ini saya selaku ketua komite setop melanjutkan kesepakatan sumbangan tersebut, dan kami akan menerima sumbangan yang betul-betul ikhlas dari bapak ibu walaupun tadi menyampaikan semuanya sudah ikhlas. Dan saya berharap kedepan khususnya yang bicara lewat media kenapa tidak menyampaikan langsung? Musyawarah, diskusikan biar tidak ada pihak yang dirugikan. Kedepan diharapkan tidak seperti ini lagi”.

Sekretaris Desa Feri Yulianto menambahkan mengamati dan mencermati proses musyawarah tadi, wali murid, siswa tidak ada unsur keterpaksaan dalam memberikan sumbangan. “Saya menyarankan demi SMPN 6 ini agar saling bahu membahu untuk memajukan sekolah. Jika ada persoalan diinternal sekolah atau wali murid jangan langsung bicara ke luar tanpa menerima informasi yang utuh. Semuanya tadi sudah diklarifikasi oleh Siswa, Guru, Wali Murid kalau informasi tersebut tidak falid”. Terangnya

Saat dimintai tanggapan dari Bapak Kepala Sekolah Tusino, S.Pd. menyampaikan bahwa ini ujian baginya dan saya harus bersikap sabar karena sabar adalah kunci ketenangan. “Tidak semua niat baik dinilai positif sampai-sampai ada orang yang bicara ke media seperti itu. Semua informasi di media kemarin terbantahkan oleh wali murid, siswa disini menyangkut dana sumbangan dan dana potongan KIP ataupun dari perusahaan. Saya jelaskan dan saya sampaikan bahwa berita itu tidak benar”.

Pak Tusino menjelaskan saya kembalikan penilaian kepada masyarakat biar masyarakat sendiri yang menilai. Kondisi sekolah sekarang seperti apa?, kualitas peserta didiknya seperti apa?, dan piala kurang lebih 40 buah itu?, termasuk saya dituduh tidak sosial kepada lingkungan karena setiap ada pembangunan dilempar ke warga luar jombang padahal semuanya warga jombang. Mohon maaf saya sampaikan ini bukan karena riya’ tapi meluruskan informasi yang negatif tersebut. Saya diberi amanah ini dijaga dengan baik termasuk menyelesaikan persoalan ini dengan kepala dingin dan hati yang damai. Terangnya

Dibawah kepemimpinan Bapak Tusino, S.Pd. SMPN 6 Satui memang secara kualitas peserta didiknya mengalami kemajuan yang cukup pesat dan pembangunan sekolah yang meningkat. Salah satu buktinya adalah

  1. Peserta didiknya juara 1 lomba OSN Matematika 2018 mewakili kecamatan ke kabupaten.
  2. Juara 1 O2SN cabang atletik tingkat kabupaten dan mewakili ke provinsi
  3. Bapak Tusino mewakili Kabupaten Tanah Bumbu dan Provinsi Kalimantan Selatan dalam rangka dapat penilaian Finalis Pemilihan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah Berprestasi dan Berdedikasi ditingkat nasional. Dengan nomor piagamnya 13678/B5.5/KP/2018. (AM)