Beranda FOKUS Dewan Kawal Kepentingan Nagari di Musrembang

Dewan Kawal Kepentingan Nagari di Musrembang

8

SUMBAR.KABARDAERAH.COM- Anggota DPRD Agam memberikan apresiasi atas kehadiran seluruh unsur dan stakeholders yang ada di Kecamatan Ampek Koto untuk menhikuti Musrenbang. Perhatian dalam Musrenbang hendaknya terfokus kepada berbagai usulan yang diajukan oleh Pemerintah Nagari.

” Dalam musrembang di IV Koto, Anggota DPRD Dapil V Uswan Yahya, Toshelmadi, Anton, Irfawaldi, Aderia. Kami semua komit untuk mengakomodir dan memperjuangkan apa yang di butuhkan oleh nagari di Kecamatan,” Irfawaldi, Jumat.

Dikatakannya, harapan setelah masuk dalam prioritas kecamatan dapat ditindaklanjuti sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Selain itu perlu lebih selektif untuk mengusulkan proyek pembangunan yang diusulkan benar-benar kebutuhan prioritas masyarakat.

” Musrembang agenda Musrenbang Tahun 2018 utk Kegiatan Pembangunan 2019 berjalan dengan baik. Seluruh pihak yang memiliki kewenangan hadir. Kami berharap oa yang sudah disepakati bisa berjalan sebagaimana mesatinya,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu Irfawaldi juga menyinggung masalah percepatan pembentukan DOB (Daerah Otonomi Baru) yang merupakan kebutuhan mendesak bagi Kab Agam yang cukup luas, sehingga masyarakat akan sangat terbantu dengan terealisasinya DOB.

Khusus Nagari Balingka yang selama ini disebut sebut sebagai salah satu calon ibukota DOB telah siap termasuk lahan/tanah sebagai lokasi pembangunan perkantoran.

Ketua Tim fasilitator ( Ir H Isman Imran) dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan Musrenbang hari ini adalah penajaman dan menselaraskan antara usulan dengan RPJMD kabupaten. Untuk itu akan lahir berita acara per kelompok bidang yang memuat tentang usulan pembangunan berdasarkan skala prioritas.

Lebih lanjut disampaikannya bahwa  setiap usulan pembangunan yang menjadi prioritas harus dilihat dari sinkronisasi dengan bidang-bidang lainnya (ekonomi, sosial, infrastruktur dan pemerintahan). Semakin banyak keterkaitan dengan bidang lain maka akan menjadi prioritas dalam usulan tersebut.

Lebih lanjut Isman Imran juga menyampaikan berbagai isu strategis yang harus disikapi dengan segera mulai dari Tingkat Nagari hingga Kabupaten.  Musrenbang kemarin  juga dihadiri oleh Kepala OPD di jajaran Pemerintah Kab Agam bersama pejabat struktural lainnya, Al: Sekwan, Kaban Kesbang Pol, Ka Satpol PP, Kadishub beserta Ka OPD teknis lainnya. ***

(Gunawan/rel)