Beranda FOKUS Dumai Membara, Lima Hektar Lahan Ludes Dilalap Api

Dumai Membara, Lima Hektar Lahan Ludes Dilalap Api

6

RIAU.KABARDAERAH.COM – Sekitar 5 hektar lahan yang terletak di Jalan Sidodadi RT 07, Kelurahan Lubuk Gaung, Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai, Riau, terbakar pada Kamis (22/2) kemarin.

Hingga saat ini petugas gabungan yang terdiri dari TNI/Polri, BPBD, Manggala Agni dan masyarakat masih melakukan upaya pemadaman di lokasi terbakar tersebut.

Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Guntur Aryo Tejo, mengatakan setelah pihaknya mengetahui adanya titik api di lokasi tersebut petugas gabungan langsung menuju ke lokasi.

“Untuk tiba disana, sangat sulit bagi petugas menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua lantaran medan yang berat. Mereka terpaksa melansir perjalanan dan alat-alat pemadaman secara bergantian,” ungkap Guntur, Sabti (24/2) malam.

Setibanya di lokasi, tanpa membuang waktu sedikit pun petugas langsung melakukan upaya pemadaman. Selain lokasi yang sulit ditempuh dan berada di pelosok, menurutnya kondisi lahan yang merupakan gambut kering dengan ditumbuhi pohon sawit dan semak belukar, membuat petugas cukup kewalahan dalam memadamkan api

“Saat ini, petugas masih melakukan pemadaman dan pendinginan dengan menggunakan dua unit mini streker dan satu unit excavator yang digunakan untuk membuat sekat kanal di lokasi,” tuturnya.

Sekat kanal itu sendiri berguna untuk menampung air di lokasi tersebut, agar para petugas tidak kesulitan mencari sumber air hingga api pun cepat dipadamkan. ***

(Gunawan/JPC)