Beranda FOKUS Lomba Desa, Indikator Peningkatan Pelayanan Desa di Kecamatan Satui

Lomba Desa, Indikator Peningkatan Pelayanan Desa di Kecamatan Satui

31

KALSEL.KABARDAERAH.COM – Lomba Desa, di kecamatan Satui yang bertempat di aula kantor Desa Sumber Makmur. Lomba Desa dilaksanakan pada kamis, (15/03).

Lomba Desa kali ini sebagai ajang penilaian prestasi pelaksanaan pembangunan disetiap desa di Kecamatan Satui.

‎Sesuai dengan peraturan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 81 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan‎, kriteria penilaian meliputi tiga bidang, yakni Pemerintahan, Kewilayahan dan Kemasyarakatan.

Diharapkan setiap desa selalu berbenah dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat karena ini salah satu yang dinilai oleh tim penilai Lomba Desa.

Subardi, selaku pemdamping lokal desa di Kecamatan Satui menyatakan bahwa,

“Saya melakukan pendampingan ke desa dalam rangka mengikuti lomba desa tingkat kecamatan di Sumber Arum. Lomba desa ini dihadiri langsung kepala dinas P3MD dan FORPIMKA kecamatan satui”. Turur Subardi.

Dalam pendampingannya, Subardi menyampaikan,
“Desa harus punya kelebihan khusus yang sekiranya dirasakan masyarakat desa dan mempunyai nilai tawar tinggi dimata tim penilai”.

“Misalnya pelayanan administrasi, seperti permintaan surat keterangan dapat di akses melalui aplikasi online Yang disediakan desa sehingga masyarakat cukup membawa nomor pendaftaran cetak surat keterangan. Karena di dalam aplikasi itu sudah dilengkapi berkas persyaratan yang dipenuhi dan cukup di uplode melalui HP atau PC” Tambah Subardi.

“Berkenaan dengan penilaian oleh Tim penilaian, melalui kesempatan ini perlu saya tegaskan. Bahwa sesuai dengan jiwa dan semangat reformasi, maka Tim harus benar-benar objektif, selektif dalam rangka melakukan penilaian”.

“Jumlah desa Kecamatan Satui adalah 16 (enam belas) desa yang kesemuanya mengikuti lomba desa dan berlomba-lomba mewakili kecamatan satui untuk berlomba ditingkat kabupaten, Tutup Subardi.