Beranda DAERAH Panwascam Satui Mengadakan Buka Bersama Sekaligus Rakor Bersama Panwasdes

Panwascam Satui Mengadakan Buka Bersama Sekaligus Rakor Bersama Panwasdes

27

KALSEL.KABARDAERAH.COM – Panwascam Satui mengadakan buka bersama sekaligus rapat koordinasi dibulan yang penuh berkah ini (ramadhan). Yang dihadiri oleh ketua Panwaslu Kabupaten beserta jajarannya pada hari Selasa (29/05) jam 16.30 WITA di RM. Asian Satui.

Ketua Panwaslu Kabupaten Bapak H. Kamiluddin Malewa dan Bapak Sakra Efendi (anggota panwaslu) menyampaikan beberapa hal tentang pencegahan pelanggaran pemilu dan penindakan pelanggaran pemilu pada saat Rapat Koordinasi di internal Panwascam Satui yang dihadiri oleh seluruh Panwasdes (se kecamatan satui).

“Pertemuan kali ini adalah pertemuan kedua setelah pelantikan serentak panwasdes sekabupaten di pagatan. Dan alhamdulillah saya ucapkan kepada panwascam yang telah mengadakan acara ini di bulan suci ramadhan sekaligus kami ingin menyampaikan beberapa hal tentang pencegahan dan penindakan kepada panwasdes. Pertama mari kita awali kegiatan ini dengan niat baik agar mendapatkan keberkahan darinya,” Ucap Ketua Panwaslu Kabupaten H. Kamiluddin Malewa.

Beliau menambahkan bahwa apabila kita maksimal melaksanakan pencegahan tentu tidak akan ada penindakan. Jadi apabila ada hal-hal yang berbau tidak sesuai dengan Perbawaslu dan PKPU segera koordinasi dengan PPS agar bisa dicegah pelanggaran tersebut. Jika ada hambatan dalam pencegahan segera koordinasi dengan Panwascan demi proses pemilu ini berjalan lancar dan berintegritas. Perlu juga dijaga komunikasinya khususnya Panwasdes terhadap PPS dan jajarannya agar koordinasi kedepan berjalan lancar.

Bapak M. Sakra Efendi, S.Sos (Kordiv. PHL)  menambahkan yang perlu diutamakan oleh Panwasdes adalah Pencegahannya jangan sampai penindakannya diutamakan, jika itu terjadi artinya pencegahannya bisa dikatakan gagal. “Kami harap kepada Paswasdes agar maksimal dalam melakukan pencegahan. Pastikan proses Pemutakhiran Data sesuai dengan tahapan karena sekarang tahapan Daftar Pemilih (DP4, DPS, DPSHP dan DPT). Selain itu pastikan juga atribut partai tidak bertebaran ditempat yang tidak sesuai aturan karena sekarang masih belum masuk tahapan sosialisasi partai atau calon”.

Ditempat yang sama Bapak Maryadi (Div. PHL Panwascam) menyampaikan agar apa yang disampaikan tadi betul betul dipahami dsn diterapkan dilapangan. Ini semua demi suksesnya pemilu dan maksimalnya pencegahan agar tidak terjadi pelanggaran. Baik yang dilakukan oleh penyelenggara maupun peserta pemilu.

Acara buka bersama dan rapat koordinasi tersebut ditutup jam 19.00 WITA yang diakhiri dengan membaca doa bersama sekaligus perkenalan panwasdes setiap desa yang dipimpin oleh Ketua Panwascam Satui.

Turut hadir dalam acara tersebut PPK Satui, Sekretariat Panwascam, dan perwakilan kecamatan. Panwasdes Satui berjumlah 16 sesuai dengan jumlah desa, masing-masing 1 desa 1 panwasdes. (AM)