Beranda INTERNASIONAL Qatar Bakal Tanam 16.000 Pohon untuk Piala Dunia

Qatar Bakal Tanam 16.000 Pohon untuk Piala Dunia

18

DOHA.KABARDAERAH.COM- Qatar akan menanam setidaknya 16.000 pohon untuk “memperindah” delapan stadion yang direncanakan untuk Piala Dunia 2022, kata penyelenggara.

Pepohonan tersebut akan mencakup campuran semak lokal dan varietas lainnya yang diimpor dari China, Spanyol dan Thailand, yang akan ditanam di pembibitan di luar Doha.

Komite Tertinggi untuk Pengiriman & Warisan Qatar, badan yang bertanggung jawab atas Piala Dunia, membuka situs tersebut pada hari Kamis (22/2/2018).

Banyak pohon lokal akan tercerabut dari tempat lain di Qatar, karena pihak berwenang membuat jalan bagi proyek infrastruktur terkait Piala Dunia dengan harga $ 500 juta per minggu.

“Target kami adalah 16.000 pohon,” kata Yasser Abdulla al-Mulla, seorang manajer senior lanskap, lapor AFP. “Jika kita membutuhkan lebih banyak lagi, mengapa tidak?”

Rumput yang akan ditanam di sekitar stadion juga akan ditanam di pembibitan, yang saat ini dikelola oleh 50 pekerja.

Pohon dan rumput akan ditanam menggunakan air daur ulang, kata panitia penyelenggara, meski tidak ada biaya untuk proyek tersebut.

Kepala komite organisasi Hassan Al-Thawadi mengatakan bahwa pembibitan adalah “contoh bagus bagaimana negara mencapai swasembada,” sebuah referensi nyata mengenai krisis diplomatik Teluk yang sedang berlangsung yang telah melihat Qatar diisolasi oleh blokade yang dipimpin oleh Saudi.

Sejak dianugerahi Piala Dunia, Qatar mendapat kecaman keras atas perlakuan terhadap tenaga kerja migrannya, dengan jumlah sekitar dua juta.

Angka dari Komite Tertinggi minggu ini menunjukkan ada hampir 20.000 pekerja di lokasi stadion Piala Dunia.

Pada tahun 2017, Human Rights Watch mengatakan ratusan pekerja migran sedang sekarat setiap tahun bekerja dalam kondisi cuaca ekstrem – suhu musim panas di negara gurun dapat mencapai hingga 50 derajat celcius.

Pejabat belum mengumumkan jumlah kematian pekerja migran sejauh ini.

FIFA diperkirakan akan memutuskan akhir tahun ini jika Qatar membutuhkan stadion kesembilan untuk turnamen 2022. ***

(Gunawan/TNA)