Beranda DAERAH TPPI Kabupaten Tanah Bumbu Melaksanakan Buka Bersama

TPPI Kabupaten Tanah Bumbu Melaksanakan Buka Bersama

88

KALSEL.KABARDAERAH.COM – Tenaga Pendamping Profesional Indonesia (TPPI)  kabupaten tanah bumbu dalam hal ini Tenaga Ahli kabupaten mengundang seluruh jajarannya untuk melaksanakan Rapat Koordinasi sekaligus buka bersama di hotel ebony pada hari senin (28/05) jam 16.00 WITA.

Dalam acara rapat koordinasi tersebut membahas beberapa hal. Salah satunya adalah tentang pendampingan ke desa-desa yang dilakukan oleh semua jajarananya baik dari tingkat Pendamping Lokal Desa (PLD), Pendamping Desa (PDP dan PDTI) dan Tenaga Ahli atau Pendamping Ahli kabupaten.

Bapak Sahri selaku koordinator tingkat kabupaten menyampaikan bahwa hari ini sudah hampir memasuki pertengahan bulan puasa jangan karena puasa semangat kita menurun untuk menjalankan tugas pendampingan.”Semangat tetap dijaga dalam menjalankan tugas dan jangan sampai puasa kita bolong ya. Kenapa Rakor saat ini dilaksanakan sekaligus buka bersama? Disamping untuk menyampaikan hal hal yang urgen juga menjaga Silaturahmi dan persatuan agar kita semua tetap kompak, tetap semangat, tetap menyelesaikan tugas tepat waktu,” Ucapnya

Hal-hal yang urgen adalah bagaimana desa dampingan masing-masing dipastikan perencanan dan pembangunan berjalan lancar jangan sampai ada kendala yang tidak dapat dicarikan solusinya. Saat ini sudah proses pembangunan DD tahap I sebentar lagi pencairan tahap II agar PLD, PDP, PDTI mendampingi desanya ketika pencairan tidak berlarut-larut lamanya.

“Pastikan juga didesa yang punya proyektor didorong nonton bareng piala dunia didesa masing-masing. Fungsinya agar penduduk setempat lebih dekat dengan perangkat desa, masyarakat sekitarnya dan juga menciptakan usaha baru karena pasti akan ada penjual jika ada tempat yang ramai apalagi didesa. Dan tak lupa pula kami minta bantuan kepada PLD ketika turun kedesa jumpa dengan pemuda/pelajarnya agar diberikan ilmu sedikit tentang Indonesia Emas 2045 yang dibekali dengan kecakapan abad 21. Kecakapan abad 21 antara lain yaitu kualitas karakter, kompetensi dan literasi dasar,” Ucap Bapak Sahri Koordinator Pendamping Desa Kabupaten Tanah Bumbu kepada kabardaerah.com di hotel ebony.

Beliu menambahkan yang dimaksud kecakapan abad 21 berkaitan dengan kompetensi dibagi sebanyak 4 macam. Pertama berfikir kritis, apa yg diucapkan masyarakat atau pelajar agar ada dasar yang kuat tidak serta merta ketika mendapat informasi lalu disebarluaskan harus dikaji dulu kebenarannya. Yang kedua kreatif dan inovasi, jika di salah satu desa punya pemuda/pelajar 3 saja yang kreatif insaallah ekonomi desa tersebut akan tumbuh dengan baik. Ketiga komunikatif diharapkan aktif dalam berkomunikasi kesemua penjuru agar dapat mengikuti perkembangan dan meningkatkan keilmuannya. Terakhir adalah kolaboratif, dengan ini kita tidak bisa lagi mengutamakan hidup sendiri perlu kerjasama dengan orang lain (kolaboratif), karena setiap manusia punya kekurangan dan kelebihan.

Disamping kita juga menjalankan tugas pendampingan jangan lupa mengajak pemuda/pelajar di desa untuk membekali dirinya melalui kecakapan abad 21. Sebab sekarang sudah berlaku yang namanya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dan ASEAN Free Trade Area (AFTA). Jika itu semua tercapai insaallah desa kita akan menjadi desa pemenang yaitu dari desa untuk bangsa. (AM)